Sabtu, 30 Juni 2012

Maksud dan Arti kata Tri Sukma Jati

TRI SUKMA JATI yang berarti :
1. TRI : Tiga ( 3 ), yaitu :
    a. Iman : Percaya atau yakin.
percaya dan yakin adanya Alloh SWT atau Tuhan Yang Maha Esa beserta perintah, larangan-Nya, janji- janji-nya, dan firman-firman-Nya. Bagi yang beragama Islam wajib melaksanakan enam ( 6 ) rukun Iman, yaitu percaya akan adanya :
1. Alloh SWT.
2. Malaikat-malaikat-Nya.
3. Kitab-kitab-Nya.
4. Utusan-utusan Alloh SWT.
5. Hari Akhir/hari Kiamat.
Qodho dan Qodhar-Nya.

     b. Iksan : Baik
              Sebagai Manusia harus berbuat bai8k kepada Tuhan-Nya,sesamanya, orang tua, saudara, masyarakat, negaranya, agamanya, alam semesta, berpikir baik atau positif thingking atau berprasangka yang baik, bertingkah laku yang baik, bertutur kata yang baik, berhati baik. jadi akan tercipta hubungan yang baik secara horisontal yaitu Manusia dan sesamannya juag Hubungan Baik secara Vertikal Yaitu Manusia dan Tuhan-Nya. dalam Islam disebut Hablun Minnannaas dan Hablun Minnalloh.

    c. Islam : Selamat
              Selamat. setelah kita melaksanakan dua point diatas maka insyaaloh akan menjadi Islam sejati, yang insyaalloh selamat di dunia dan di akhirat, Amin. bagi yang beragama Islam wjib melaksanakan Lima    ( 5 ) rukun Islam yaitu :
1. Membaca dua kalimat syahadat.
2. Mendirikan sholat.
3. Puasa Romadhon.
4. Berzakat.
5. Pergi Haji bagi yang mampu.

2. SUKMA : Yang berarti Jiwa atau Roh yang suci dan bersih.
3. JATI        : Dari kata sejati yang berarti sebenarnya.

                Jadi kalau ditarik kesimpulan maka akan menjadi Tiga jiwa yang sebenarnya, harapan kami murid-murid Tri Sukma Jati wajib memiliki poin-poin diatas yang akan menjadikan manusia yang bermoral, berbudipekerti yang luhur, sopan dan tenang juga damai sekalipun dalam ujian dan cobaan. Insyaalloh jika kita mengamalkan dan menepati kalimat diatas maka kita akan menjadi orang yang selamat di dunia dan akhirat juga bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, itulah ilmu yang sangat tinggi sekali yang bisa menjadikan kita kekasih Alloh dan menuju ma'rifat. arti diatas juga mempunyai aspek filosofi hidup yang sangat mendalam. dan tri sukma jati juga bersifat universal untuk semua agama, golongan, kepercayaan, status sosial, dan sebagainya




Sumber : AD/ART Perguruan Pencak Silat Tri Sukma Jati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar