Senin, 02 Juli 2012

Aspek- Aspek Perguruan Pencak Silat TRI SUKMA JATI

1. ASPEK OLAHRAGA :
Olahraga secara rutin itulah yang dimaksud disini yang dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, daripadanya akan tahan dari bibit penyakit karena sebenarnya di dalam tubuh manusia sudah terkandung terbilang bibit-bibit  penyakit itulah pentingnya latihan secara kontinyu dan berkesinambungan. Tri sukma jati juga ikut menggalakkan program pemerintah yaitu memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat melalui pencak silat.

2. ASPEK BELADIRI :
 Tehnik-tehnik maupun jurus-jurus pncak silat juga pernafasan maupun aurod-aurod Tri sukma jati bisa dimanfaatkan untuk membela diri dari segala ancaman dan bahaya baik lahir maupun batin.

3. ASPEK SENI DAN OLAHRAGA :
Tehnik-tehnik dan Jurus-jurus pencak silat Tri sukma jati bisa dibuat sebagai alat hiburan dalam pentas sarana olah diri dan membangun kesehatan jiwa raga dan semangat hidup, dengan dirangkum juga dengan irama tertentu dan mungkin irama musik akan indah ditonton, juga menggalang persaudaraan-persatuan dan kesatuan baik pribadi maupun organisasi.

4. ASPEK PRESTASI :
Dengan adanya peningkatan Mutu, kwalitas dan kwantitas berbagai segi, sisi, dan aspek maka diharapkan mampu untuk meraih prestasi setinggi-tingginya dibidang pencak silat tanding/laga maupun pencak silat seni baik ditingkat daerah, nasional, maupun internasional.

5. ASPEK KEBUDAYAAN :
tTi sukma jati ikut berperan aktif dalam mengembangkan, melestarikan, mempertahankan, memperkenalkan, dan menjaga salah satu kekayaan kebudayaan nasional yaitu pencak silat.

6. ASPEK ROHANI-SPIRITUAL :
Dalam setiap latihan murid-murid selalu diajarkan berdoa diawal dan diakhir latihan. dan selalu memberikan pembinaan juga arahan-arahan untuk selalu beribadah sesuai kepercayaan atau agam masing-masing.

7. ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM ) :
Harapan kami dengan berlatih dengan serius dan tekun akan dapat meningkatkan prestasi dan sumber daya manusia Indonesia, juga menjadikan masyarakat yang madani.

8. ASPEK BIOLOGIS-FISIOLOGIS :
Berupa peningkatan kebugaran jasmani termasuk penguatan tulang, peningkatan ketahanan terhadap penyakit dan sistem imun.
 9. ASPEK SOSIAL :
Aspek sosial dalam bentuk persatuan dan kekompakkan ( kohesi ) sosial, solidaritas, dan kelancaran komunikasi atau silaturahmi antar anggota Tri sukma jati dimanapun barada.

10. ASPEK MENTAL :
Yaitu antara lain berupa peningkatan kemampuan mengatasi stres dan stabilitas emosional serta mencegah perasaan terkucilkan dari lingkungan sekitar.

11. ASPEK MORAL :
Aspek moral yang menyangkut kesadaran moral dan keputusan bertindak sesuai dengan Etika.

12. ASPEK KEMAMPUAN BERFIKIR :
Kemampuan berfikir dalam bentuk rangsangan terhadap msimpul-simpul persambungan saraf.

13. ASPEK EKONOMI :
Aspek ekonomi dalam hubungan dengan produktifitas kerja individunya, menurunnya biaya perawatan kesehatan.

14. ASPEK PERSATUAN DAN KESATUAN :
dengan sering berlatih secara tekun dan serius harapan kami akan dapat ikut menyumbangkan kokohnya persatuan dan kesatuan pribadi-pribadi, keluarga, masyarakat dan seterusnya demi tegaknya bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat dan merdeka. sedangkan aspek persatuan dan kesatuan kedalam diharapkan merupakan salah satu pendorong dalam peningkatan keimanan dan ketakwaan dalam kehidupan sesama umat, sebagai umat Tuhan dan sebai Warga negara Indonesia ( WNI ).


Sumber : AD/ART Perguruan Pencak Silat Tri Sukma Jati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar